TUGAS KELOMPOK
“MEMBAHAS BUKU SUPERVISI HALAMAN 140”
1.
Membuka buku “Supervisi
Profesional”
2.
Ilmu yang dibahas dalam tiap
paragraf yaitu:
ü Administrasi Pendidikan
ü Supervisi
ü Kepemimpinan
ü Pengawasan
3.
Kata kunci (key word) pada
masing-masing keilmuan:
ü Administrasi pendidikan
( usaha kerjasama)
ü Supervisi (memperbaiki)
ü Kepemimpinan (mempengaruhi)
ü Pengawasan
(pengendalian atau kontrol)
4.
Deskripsi makna dan pengertian
keilmuan pada masing” alenia. Jelaskan dan paparkan !
a)
Administrasi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari usaha kerjasama dalam
memberikan pelayanan pendidikan dengan memanfaatkan sumber daya dan materi yang
ada untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Usaha kerjasama
: yaitu bahwasannya administrasi
itu dilakukan oleh banyak orang yang saling bekerjasama dalam menentukan
tujuan, dan mencapai tujuan tersebut secara bersama dengan memanfaatkan sumber daya dan materi yang ada
secara efektif dan efisien.
b)
Supervisi adalah aktivitas yang dilakukan untuk memperbaiki
mutu kegiatan pokok di sekolah dengan mengidentifikasi kelemahan-kelemahan
dalam proses pembelajaran, lalu akan diadakan pembinaan untuk memperbaiki
kelemahan tersebut. (Pengawasan Profesioanal)
Memperbaiki, misalkan
dalam sekolah. Suatu pengajaran tergantung pada kemampuan mengajar guru, maka
kegiatan supervisi sangat menaruh perhatian utama pada peningkatan
kemampuan profesional guru, yang pada
gilirannya akan meningkatkan mutu proses belajar mengajar. Dalam analisis terakhir,
kualitas supervisi akan direfleksikan pada peningkatan hasil belajar murid.
c)
Kepemimpinan yaitu proses
mempengaruhi yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya, agar apa yang dia
kehendaki bisa terlaksana dengan baik.
Mempengaruhi, iya sifat seorang pemimpin adalah bisa mempengaruhi
bawahannya baik secara baik maupun secara kasar, agar tujuan yang hendak dia
capai bisa terlaksana dengan baik.
d)
Pengawasan yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang
pengawas, agar kegiatan yang dilakukan lembaga ataupun organisasi bisa berjalan
dengan baik dan sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut. (adanya
pengendalian terhadap semua kegiatan yang ada, tujuannya agar berjalan dengan
lancar).
Pengendalian yaitu bahwa
dalam suatu organisasi maupun lembaga, pasti ada fungsi manajemen, yang
didalamnya terdapat fungsi pengendalian (controlling) yang fungsinya adalah
mengendalikan kegiatan tersebut, agar tidak terjadi permasalahan, sehingga
terciptan
5.
Hubungan dari setiap alenia,
mengenai Administrasi Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan juga Pengawasan.
Administrasi Pendidikan adalah suatu ilmu baru yang
mempelajari usaha kerjasama untuk mengembangkan peserta didik dengan
memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Ilmu tersebut
memiliki fungsi pokok, yaitu salah satunya adalah kegiatan supervisi, adapun
orang yang melakukan pengawasan profesional terhadap pendidikan disebut juga
sebagai supervisor, misalnya dalam pendidikan, maka kepala sekolah sebagai
supervisor pendidikan. Seorang Kepala Sekolah, dalam dunia pendidikan merupakan
pemimpin yang tugasnya mengatur segala aktivitas yang ada disekolah baik dalam
proses belajar mengajar maupun yang lainnya. Dengan kedudukan seorang pemimpin
disekolah, maka untuk menjalankan tugas tersebut seorang Kepala Sekolah harus
mempunyai jiwa kepemimpinan, yaitu diantaranya harus bisa menjadi tauladan bagi
guru maupun murid, juga harus mampu mempengaruhi, agar setiap kebijakan yang
dibuat bisa diterima oleh mereka, dengan catatan kebijakan tersebut
mempertimbangkan segala aspeknya. Karena hasil pembelajaran yang baik itu
merupakan refleksi dari supervisi nya.
6.
Jelaskan Perbedaan mengenai Administrasi Pendidikan,
Supervisi, Kepemimpinan dan juga Pengawasan dalam tabel adalah sebagai berikut:
Nama keilmuan
|
Persamaan
|
perbedaan
|
Keterkaitan
|
1.
Administrasi Pendidikan
|
Adanya fungsi manajemen
(mencakup semua fungsi manajemen)
|
Mempelajari usaha
kerjasama manusia
Tujuannya meningkatkan
mutu proses dan hasil pembelajaran
|
Ilmu baru yang
didalamnya terdapat fungsi supervisi
|
2.
Supervisi
|
Adanya fungsi manajemen
(mencakup banyak fungsi manajemen)
|
Kegiatan pengawasan
profesional
Tujuannya memperbaiki
kelemahan-kelemahan yang ada dengan melakukan pembinaan.
|
Fungsi yang ada di
administrasi pendidikan, dengan fungsi pokok memperbaiki dan meningkatkan
mutu proses dan mutu hasil pembelajaran
|
3.
Kepemimpinan
|
-
|
Kegiatan mempengaruhi
orang lain (bawahannya).
Salah satu sifat dari
seorang Pemimpin,
Tujuannya agar bisa
berjalan bersama dengan tupoksi yang berbeda
|
Dalam diri seorang
pemimpin dalam melakukan kegiatan supervisi haruslah mempunyai jiwa
kepemimpinan
|
4.
Pengawasan
|
Adanya fungsi manajemen
(controlling)
|
Kegiatan pengendalian
atau kontrol
Tujuannya agar sesuai
dengan apa yang sudah ditetapkan. (misalnya dalam pelanggaran terhadap aturan
yang berlaku)
|
Dalam kegiatan supervisi
pengawasan sangat berperan penting dalam menentukan hasil pembelajaran,
karena merupakan refleksi
|
Dari tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa,
administrasi itu merupakan ilmu yang tergolong baru dengan fokus utamanya
adalah meningkatkan potensi peserta didik yang dilakukan oleh banyak orang
dengan memanfaatkan sember daya yang ada secara efektif dan efisien. Yang salah
satu fungsi nya adalah supervisi, yang menunjukan adanya usaha untuk
memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran, melalui
identifikasi terhadap kelemahan-kelemahan yang ada dan upaya untuk mengatasi
kelemahan tersebut dengan melakukan pembinaan. Adapun seseorang yang
menjalankan tugas tersebut dalam bidang pendidikan dengn ruang lingkup sekolah
adalah seorang kepala sekolah. Untuk menjadi seorang kepala sekolah maka perlu
adanya jiwa kepemimpinan, yaitu selain bisa memperangruhi bawahannya seorang
kepala sekolah juga harus mampu mengawasi kinerja dari guru maupun staf juga
bisa mengawasi siswa dan siswinya, karena hasil dari pembelajaran yang ada
merupakan refleksi dari kegiatan supervisi yang dilakukan oleh seorang kepala
sekolah. Apabila dilakukan secara benar, maka tujuan pendidikan dengan “mencerdaskan
kehidupan bangsa” akan tercapai dengan mudah. Dan akan membentuk generasi yang
produktif.
7.
Menggambarkan dan melengkapi
struktur keilmuan dari ke4 alenia tersebut
ADMINISTRASI
PENDIDIKAN
|
SUPERVISI
|
SUPERVISOR
|
Fungsi
Orang
Pokok
bagian Kepemimpinan
SUPERVISI
PENDIDIKAN
|
Pengawasan
Pengawasan
PERILAKU BELAJAR
(peserta didik)
|
PERILAKU MENGAJAR
|
Refleksi
pengaruh
HASIL BELAJAR
|
TUJUAN PENDIDIKAN
|
Kesimpulan dari
bagan tersebut..
Menurut pendapat kami, bahwa Administrasi Pendidikan
merupakan ilmu baru yang mempelajari tentang usaha kerjasama antar manusia
dalam mengembangkan potensi diri peserta didik dalam belajar yang melibatkan
segenap sumberdaya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Dengan salah satu fungsinya adalah sebagai Supervisi, yaitu kegiatan yang
ditunjukan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil proses dan mutu
pembelajaran. Adapun orang yang melakukan kegiatan ini disebut Supervisor,
dalam pendidikan supervisor lebih dikenal sebagai pengawas, ataupun dalam
sekolah bisa disebut sebagai kepala sekolah ataupun pemilik yayasan (sekolah
swata). Dalam menjalankan tugas dan wewenang sebagai kepala sekolah (lingkungan
sekolah), di harus mempunyai jiwa seorang pemimpin, yang harus mampu
mempengaruhi bawahannya (guru, staf dan murid) dan melakukan pengawasan
terhadap guru ataupun muridnya, agar menciptakan hasil proses dan mutu
pembelajaran yang baik. Adapun dalam pengawasan tersebut, tujuannya agar bisa
mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang ada, yang nantinya akan ada pembinaan
untuk mengatasi hal tersbut. Setelah hal tersebut terselesaikan, maka akan
terciptanya hasil pembelajaran yang
baik, seperti dikutip dalam buku (pengelolaan pendidikan,2012:299)
Mengatakan bahwa: “dalam analisa terakhir, kualitas
supervisi akan direfleksikan pada peningktan hasil belajar murid” jadi bahwa
jika hasil belajar murid baik, maka supervisi yang dilakukan oleh seorang Kepala
sekolah dinilai baik , begitupun sebaliknya.
Hubungan Dan
Keterkaitan Administrasi Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan Dan Juga
Pengawasan
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Filsafat
Administrasi Pendidikan
Oleh Dosen:
1.
Prof. D. H . Dadang Suhardan, M.Pd.
2.
Dr. Nugraha Suharto, M.Pd.
Disusun oleh:
Tugas Kelompok 4
Syukron 1202658
Hielman N.A 1205158
Ai Hindayatina 1200082
Kiki Rizky A.
1202667
Tutik Kusriyanti. 1205729
Nadya Anggiana. D. 1202458
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar