Rabu, 11 September 2013

Supervisi Pendidikan



TUGAS KELOMPOK “MEMBAHAS BUKU SUPERVISI HALAMAN 140”
1.      Membuka buku “Supervisi Profesional”
2.      Ilmu yang dibahas dalam tiap paragraf yaitu:
ü  Administrasi Pendidikan
ü  Supervisi
ü  Kepemimpinan
ü  Pengawasan
3.      Kata kunci (key word) pada masing-masing keilmuan:
ü  Administrasi pendidikan ( usaha kerjasama)
ü  Supervisi (memperbaiki)
ü  Kepemimpinan  (mempengaruhi)
ü  Pengawasan (pengendalian atau kontrol)
4.      Deskripsi makna dan pengertian keilmuan pada masing” alenia. Jelaskan dan paparkan !
a)      Administrasi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari usaha kerjasama dalam memberikan pelayanan pendidikan dengan memanfaatkan sumber daya dan materi yang ada untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Usaha kerjasama : yaitu bahwasannya administrasi itu dilakukan oleh banyak orang yang saling bekerjasama dalam menentukan tujuan, dan mencapai tujuan tersebut secara bersama dengan  memanfaatkan sumber daya dan materi yang ada secara efektif dan efisien.

b)     Supervisi adalah aktivitas yang dilakukan untuk memperbaiki mutu kegiatan pokok di sekolah dengan mengidentifikasi kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajaran, lalu akan diadakan pembinaan untuk memperbaiki kelemahan tersebut. (Pengawasan Profesioanal)
Memperbaiki,  misalkan dalam sekolah. Suatu pengajaran tergantung pada kemampuan mengajar guru, maka kegiatan supervisi sangat menaruh perhatian utama pada peningkatan kemampuan  profesional guru, yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu proses belajar mengajar. Dalam analisis terakhir, kualitas supervisi akan direfleksikan pada peningkatan hasil belajar murid.

c)      Kepemimpinan  yaitu proses mempengaruhi yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya, agar apa yang dia kehendaki bisa terlaksana dengan baik.
Mempengaruhi, iya sifat seorang pemimpin adalah bisa mempengaruhi bawahannya baik secara baik maupun secara kasar, agar tujuan yang hendak dia capai bisa terlaksana dengan baik.

d)     Pengawasan yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang pengawas, agar kegiatan yang dilakukan lembaga ataupun organisasi bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut. (adanya pengendalian terhadap semua kegiatan yang ada, tujuannya agar berjalan dengan lancar).
Pengendalian  yaitu bahwa dalam suatu organisasi maupun lembaga, pasti ada fungsi manajemen, yang didalamnya terdapat fungsi pengendalian (controlling) yang fungsinya adalah mengendalikan kegiatan tersebut, agar tidak terjadi permasalahan, sehingga terciptan

5.      Hubungan dari setiap alenia, mengenai Administrasi Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan juga Pengawasan.
Administrasi Pendidikan adalah suatu ilmu baru yang mempelajari usaha kerjasama untuk mengembangkan peserta didik dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Ilmu tersebut memiliki fungsi pokok, yaitu salah satunya adalah kegiatan supervisi, adapun orang yang melakukan pengawasan profesional terhadap pendidikan disebut juga sebagai supervisor, misalnya dalam pendidikan, maka kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan. Seorang Kepala Sekolah, dalam dunia pendidikan merupakan pemimpin yang tugasnya mengatur segala aktivitas yang ada disekolah baik dalam proses belajar mengajar maupun yang lainnya. Dengan kedudukan seorang pemimpin disekolah, maka untuk menjalankan tugas tersebut seorang Kepala Sekolah harus mempunyai jiwa kepemimpinan, yaitu diantaranya harus bisa menjadi tauladan bagi guru maupun murid, juga harus mampu mempengaruhi, agar setiap kebijakan yang dibuat bisa diterima oleh mereka, dengan catatan kebijakan tersebut mempertimbangkan segala aspeknya. Karena hasil pembelajaran yang baik itu merupakan refleksi dari supervisi nya.  

6.      Jelaskan Perbedaan mengenai Administrasi Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan juga Pengawasan dalam tabel adalah sebagai berikut:
Nama keilmuan
Persamaan
perbedaan
Keterkaitan
1.      Administrasi Pendidikan
Adanya fungsi manajemen (mencakup semua fungsi manajemen)
Mempelajari usaha kerjasama manusia
Tujuannya meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran
Ilmu baru yang didalamnya terdapat fungsi supervisi
2.      Supervisi
Adanya fungsi manajemen (mencakup banyak fungsi manajemen)
Kegiatan pengawasan profesional
Tujuannya memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dengan melakukan pembinaan.
Fungsi yang ada di administrasi pendidikan, dengan fungsi pokok memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran
3.      Kepemimpinan
-
Kegiatan mempengaruhi orang lain (bawahannya).
Salah satu sifat dari seorang Pemimpin,
Tujuannya agar bisa berjalan bersama dengan tupoksi yang berbeda
Dalam diri seorang pemimpin dalam melakukan kegiatan supervisi haruslah mempunyai jiwa kepemimpinan
4.      Pengawasan
Adanya fungsi manajemen (controlling)
Kegiatan pengendalian atau kontrol
Tujuannya agar sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan. (misalnya dalam pelanggaran terhadap aturan yang berlaku)
Dalam kegiatan supervisi pengawasan sangat berperan penting dalam menentukan hasil pembelajaran, karena merupakan refleksi

Dari tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa, administrasi itu merupakan ilmu yang tergolong baru dengan fokus utamanya adalah meningkatkan potensi peserta didik yang dilakukan oleh banyak orang dengan memanfaatkan sember daya yang ada secara efektif dan efisien. Yang salah satu fungsi nya adalah supervisi, yang menunjukan adanya usaha untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran, melalui identifikasi terhadap kelemahan-kelemahan yang ada dan upaya untuk mengatasi kelemahan tersebut dengan melakukan pembinaan. Adapun seseorang yang menjalankan tugas tersebut dalam bidang pendidikan dengn ruang lingkup sekolah adalah seorang kepala sekolah. Untuk menjadi seorang kepala sekolah maka perlu adanya jiwa kepemimpinan, yaitu selain bisa memperangruhi bawahannya seorang kepala sekolah juga harus mampu mengawasi kinerja dari guru maupun staf juga bisa mengawasi siswa dan siswinya, karena hasil dari pembelajaran yang ada merupakan refleksi dari kegiatan supervisi yang dilakukan oleh seorang kepala sekolah. Apabila dilakukan secara benar, maka tujuan pendidikan dengan “mencerdaskan kehidupan bangsa” akan tercapai dengan mudah. Dan akan membentuk generasi yang produktif.



















7.      Menggambarkan dan melengkapi struktur keilmuan dari ke4 alenia tersebut

ADMINISTRASI PENDIDIKAN
SUPERVISI
SUPERVISOR
 
                                             Fungsi                                                   Orang
                                             Pokok
                                                                               bagian              Kepemimpinan
SUPERVISI PENDIDIKAN
 
                                    Pengawasan
                                                                                                           Pengawasan
PERILAKU BELAJAR (peserta didik)
PERILAKU MENGAJAR
 


                                                                                 Refleksi

                                    pengaruh
HASIL BELAJAR
                                                                                                                      pengaruh
TUJUAN PENDIDIKAN
 





Kesimpulan dari bagan tersebut..
Menurut pendapat kami, bahwa Administrasi Pendidikan merupakan ilmu baru yang mempelajari tentang usaha kerjasama antar manusia dalam mengembangkan potensi diri peserta didik dalam belajar yang melibatkan segenap sumberdaya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dengan salah satu fungsinya adalah sebagai Supervisi, yaitu kegiatan yang ditunjukan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil proses dan mutu pembelajaran. Adapun orang yang melakukan kegiatan ini disebut Supervisor, dalam pendidikan supervisor lebih dikenal sebagai pengawas, ataupun dalam sekolah bisa disebut sebagai kepala sekolah ataupun pemilik yayasan (sekolah swata). Dalam menjalankan tugas dan wewenang sebagai kepala sekolah (lingkungan sekolah), di harus mempunyai jiwa seorang pemimpin, yang harus mampu mempengaruhi bawahannya (guru, staf dan murid) dan melakukan pengawasan terhadap guru ataupun muridnya, agar menciptakan hasil proses dan mutu pembelajaran yang baik. Adapun dalam pengawasan tersebut, tujuannya agar bisa mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang ada, yang nantinya akan ada pembinaan untuk mengatasi hal tersbut. Setelah hal tersebut terselesaikan, maka akan terciptanya hasil pembelajaran yang  baik, seperti dikutip dalam buku (pengelolaan pendidikan,2012:299)
Mengatakan bahwa: “dalam analisa terakhir, kualitas supervisi akan direfleksikan pada peningktan hasil belajar murid” jadi bahwa jika hasil belajar murid baik, maka supervisi yang dilakukan oleh seorang Kepala sekolah dinilai baik , begitupun sebaliknya.
















Hubungan Dan Keterkaitan Administrasi Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan Dan Juga Pengawasan

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Filsafat Administrasi Pendidikan
Oleh Dosen:
1.      Prof. D. H . Dadang Suhardan, M.Pd.
2.      Dr. Nugraha Suharto, M.Pd.


Disusun oleh:
Tugas Kelompok 4
Syukron                     1202658
Hielman N.A             1205158
Ai Hindayatina          1200082
Kiki Rizky A.             1202667
Tutik Kusriyanti.      1205729
Nadya Anggiana. D.             1202458

JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar