Sabtu, 22 Februari 2014

ANALISIS BEBAN KERJA


TUGAS KELOMPOK
“Analisis Beban Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Pagarsih Kota Bandung”
Ditujukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah
“Manajemen Sumber Daya Manusia”

Dosen Pengampuh:
1.      Dr. Endang Herawan, M.Pd              
2.      Dr. Taufani C. Kurniatun, M.Si         
3.      Dr. Yayah Rahyasi, M.Pd                  


Disusun Oleh :
1.      Syukron                   1202658
2.      Yunika Husniati      1200354






JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2014



      A. Biodata Narasumber

a.       Nama               : Tati Haryati
b.      Alamat            : Komplek TNI Hiu Macan Jl Sindangpalay 32
Kabupaten Bandung Selatan
c.       Pekerjaan         : Guru SDN Pagarsih / Guru dan Walikelas 2
d.      Golongan        : IV A
Sudah sertifikasi guru


     B. Pedoman Wawancara Beban Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Pagarsih
NO
DAFTAR PERTANYAAN
KETERANGAN
1
Dalam menyusun RPP, apa saja kegiatan yang ibu lakukan? Dan bagaimana penglokasian waktunya?
Dalam menyusun RPP, yang dibutuhkan adalah:
1.      menyusun program tahunan,
2.      menyusun program semesteran
3.      penyusun rencanan program pembelajaran

Dalam menyusun program tahunan dilakukan sekali dalam setahun yang membutuhkan waktu berkisar 2 jam.

Menyusun program semesteran dilakukan dua kali dalam setahun yang membutuhkan waktu berkisar 4 jam.

Menyusuun perencanaan program pembelajaran dilakukan dua kali dalam setahun yang membutuhkan waktu antara 4 jam.

2
Kegiatan apa saja yang ibu lakukan dalam kegiatan belajar mengajar?
Dalam kegiatan belajar mengajar hal yang saya perhatikan disini adalah
1.      Mengecek kehadiran siswa
2.      Membuat jurnal pembelajaran
3.      Memebuat catatan khusus dalam proses pembelajaran.
4.      Melakukan kegiatan belajar mengajar

Dalam kegiatan mengecek kehadiran siswa dilakukan dalam seminggu dengan waktu 30 menit.

Dalam membuat jurnal pembelajaran dilakukan dalam seminggu dengan waktu 30 menit

Dalam membuat catatn khusus dalam proses pembelajaran dilakukan  dalam seminggu dengan alokasi waktu yaitu 30 menit.

Sedangkan saat melakukan kegiatan belajar mengajar dilakukan dalam seminggu dengan alokasi waktu yaitu 600 menit dalam 10 mata pelajaran.

3
Bagaimana ibu melakukan evaluasi pembelajaran?
Dalam kegitatan evaluasi pembelajaran yang diperhatikan adalah :
§  Menyusun Program Pelaksanaan Evaluasi
§  Menyusun Perangkat Evaluasi (Kisi-kisi, Naskah Soal, Pedoman Penilaian, Instrumen Lain)
§  Melaksanakan Evaluasi sesuai dengan Kompetensi yang dipersyaratkan
§  Membuat daftar nilai tiap siswa dan kompetensi
Saat menyusun Program Pelaksanaan Evaluasi waktu yang dibutuhkan dalam seminggu sekali membtuhkan waktu 30 menit.

Saat menyusun Perangkat Evaluasi (Kisi-kisi, Naskah Soal, Pedoman Penilaian, Instrumen Lain) yang dilakukan dalam seminggu sebanyak satu kali membutuhkan waktu 30 menit.

Saat melaksanakan Evaluasi sesuai dengan Kompetensi yang dipersyaratkan yang dilakukan dalam seminggu sebanya satu kali dan membutuhkan waktu 30 menit.

Saat membuat daftar nilai tiap siswa dan kompetensi dalam seminggu sebanyak satu kali dan membutuhkan waktu 30 menit.

4
Saat ibu melakukan kegiatan analisa hasil evaluasi, apa saja yang dilakukan?
Saat melakukan kegiatan menyusun perangkat analisa evaluasi yag dilakukan saya adalah :
1.      Menyusun perangkat analisa evaluasi
2.      Melaksanakan analisa hasil evaluasi antara validitas soal dan ketuntasan siswa belajar

Dalam menyusun perangkat analisa evaluasi waktu yang dibutuhkan adalah 45 menit dalam seminggu dan dilakukan satu kali.

Saat melaksanakan analisa hasil evaluasi antara validitas soal dan ketuntasan siswa belajar membutuhkan waktu 45 menit dalam satu minggu yang dilakukan satu kali.






5
Saat menyusun dan melaksanakan Program perbaikan atau Pengawasan, kegiatan apa saja yang dilakukan?
Program kegiatan yang saya lakukan saat perbaikan dan pengawasan, adalah :
1.      Menyusun program perbaikan atau pengayaan
2.      Melaksanakan perbaikan yang meliputi remedial teaching atau remedia tes
3.      Melaksanakan pengayaan bagi siswa yang istimewah atau memiliki kemampuan tinggi
4.      Membuat daftar nilai hasil perbaikan atau remedial dan pengayaan

Dalam menyusun program perbaikan atau pengayaan yang dilakukan satu kali dalam seminggu membutuhkan waktu  30 menit.

Dalam melaksanakan perbaikan yang meliputi remedial teaching atau remedia tes dilakukan satu kali dalam seminggu membutuhkan waktu 30 menit.



Melaksanakan pengayaan bagi siswa yang istimewah atau memiliki kemampuan tinggi. Dilakukan satu kali dalam seminggu dan membutuhkan waktu 30 menit.

Dalam membuat daftar nilai hasil perbaikan atau remedial dan pengayaan yang dilakukan satu kali dalam seminggu dan membutuhkan waktu 30 menit.
6
Berapa Pelajaran yang diemban  dalam per hari? Per minggu ?
Masuk sekolah hari senin-sabtu

Senin : b. Indonesia dan pkn
Selasa : matematika dan ips
Rabu : matematika dan b. sunda
Kamis :  b. Indonesia dan ipa
Jumat : matematika
Sabtu : b indonesia

7
Berapa alokasi waktu dalam per mata pelajaran?
Mata pelajaran ipa : 1 minggu 1x
Mata pelajaran ips : 1 minggu 1x
Mata pelajaran pkn : 1 minggu 1x
Mata pelajaran b. sunda : 1 minggu 1x
Mata pelajaran matematika : 1 minggu 3x
Mata pelajaran b. Indonesia : 1 minggu 3x

Catatan: 1 mata pelajaran : 60 menit (1 jam)




      C. FORMULIR BEBAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR

Nama Jabatan              : Guru Sekolah Dasar
Unit Kerja                   : SDN Pagarsih
Ikhtisar Jabatan             : “Menyusun Rencana Program Pembelajaran, Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar, Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran, Melaksanakan Analisa hasil evaluasi, Menyusun dan melaksanakan Program perbaikan atau Pengawasan”

No
Uraian Tugas
Satuan Hasil
Waktu Penyelesaian
(Menit)
Waktu Kerja Efektif (Menit)
Beban Kerja
Pegawai yang Dibutuhkan
Keterangan
1
Menyusun RPP:
§  Menyusun Program Tahunan
§  Menyusun Program Semesteran
§  Menyusun Rencana Program Pembelajaran














Dokumen
6.000
79.200
1
0,08
Guru dalam menyususn RPP membutuhkan waktu waktu 10 jam per tahun. Adapun 10 jam itu dibagi atas kegiatan penyusunan program tahunan, semseteran maupun rencana program pembelajaran
2
Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar:
§  Mengecek Kehadiran Siswa
§  Membuat Jurnal Pembelajaran
§  Membuat Catatan Khusus dalam Proses Pembelajaran
§  Melakukan kegiatan belajar mengajar

Dokumen
690
1.650
1
0,42
Guru melakukan kegiatan belajar mengajar dilakukan seminggu
3
Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran:
§  Menyusun Program Pelaksanaan Evaluasi
§  Menyusun Perangkat Evaluasi (Kisi-kisi, Naskah Soal, Pedoman Penilaian, Instrumen Lain)
§  Melaksanakan Evaluasi sesuai dengan Kompetensi yang dipersyaratkan

§  Membuat daftar nilai tiap siswa dan kompetensi






Dokumen dan Kegiatan
120
1.650
4
0,3
Kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan dalam seminggu.
4
Melaksanakan Analisa hasil evaluasi:
§  Menyusun perangkat analisa evaluasi
§  Melaksanakan analisa hasil evaluasi antara validitas soal dan ketuntasan siswa belajar



Kegiatan
90
1.650
2
0,11
Melaksanakan analisa hasil evaluasi, guru melakukannya dalam seminggu.
5
Menyusun dan melaksanakan Program perbaikan atau Pengawasan:
§  Menyusun program perbaikan atau pengayaan
§  Melaksanakan perbaikan yang meliputi remedial teaching atau remedia tes
§  Melaksanakan pengayaan bagi siswa yang istimewah atau memiliki kemampuan tinggi
§  Membuat daftar nilai hasil perbaikan atau remedial dan pengayaan



Dokumen dan Kegiatan
120
1.650
4
0,3
Menyususn dan melaksanakan program perbaikan atau pengawasan dilakukan dalam seminggu.
6
Tugas tambahan
§  Ikut membantu diperpustakaan

Kegiatan
40
1.650
1
0,024
Dilakukan dalam seminggu
JUMLAH
1,234


      D. Kesimpulan:
“Dari data yang telah kami kumpulkan, bahwasannya beban kerja yang ditangguhkan kepada guru terkait adalah 1,234. Dengan beban kerja sebesar itu, maka kami menyimpulkan bahwa tidak perlu adanya penambahan guru lagi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar