Minggu, 23 Februari 2014

DOKUMEN 1 KURIKULUM



TUGAS PEMBAHASAN DOKUMEN I MENURUT PENDAPAT SENDIRI
Nama     : SYUKRON
NIM       :  1202658
ADMINSITRASI PENDIDIKAN
Pada dokumen satu yang ada di Sekoloah Dasar Negeri Minggiran II Kab. Kediri terdiri dari:
1.       Pendahuluan
Pada pendahuluan membahas mengenai latar belakang dan landasan pengembangnan kurikulum dan peraturan/ hukum yang mengenai Pengembangan Kurikulum.

2.       Tujuan Pendidikan, Profil Sekolah, Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Merupakan pembahasan mengenai Visi Misi dan Tujuan Sekolah. ini dibuat berdasarkan visi sekolah yang selanjutnya akan dijabarkan dalam misi sekolah dan tujuan sekolah. dan juga berkaitan dengan informasi sekolah.

3.       Struktur dan Muatan Kurikulum
Struktur dan Muatan Kurikulum terdiri dari:
a.       Struktur Kurikulum
Struktur kurikum menurut saya adalah model kurikulum yang sedang digunakan sekolah
b.       Muatan Kurikulum
Nah dalam struktur kurikulum yang digunakan sekolah ini akan menentukan muatan kurikulum, di mana muatan kurikulum terdiri atas:
§  Mata pelajaran
Menurut saya, ketika kurikulum itu digunakan, maka jenis mata pelajarannya pun berdasarkan kurikulum yang sedang digunakan.
§  Muatan lokal
Menurut saya dalam muatan lokal, sekolah akan menambahkan mata pelajaran, dimana muatan lokal itu menentukan letak sekolah, misalnya di Jawa Barat maka muatan lokalnya terdiri dari Mapel Bahasa Sunda dan Bahasa Cirebon atau yang linnya.
§  Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri menurut saya, berkaitan dengan program yang akan dibuat sekolah berdasarkan minat dan bakat siswa.
§  Pendidikan Kecakapan Hidup
Menurut saya , pada pengembangan kecakapan hidup berkaitan dengan usaha sekolah untuk meningkatkan kecapakan personal, sosial, akademik, vokasional secara terpadu.
§  Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
Menurut saya keunggulan lokal berkaitan dengan budaya yang melekat atau ada disekitar sekolah. misalnya dalam mapel kesenian  ada kesenian tari, seni musik rebana dll.
§  Pengaturan Beban Kerja
Menurut saya, pengaturan jam berlajar berkaitan dengan pertemuan/ pembelajran dalam sekali pertemuan dalam sehari dan seminggu maupun per tahun ajaran. Ini dilakukan agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien.
§  Ketuntasan Belajar
Menurut saya, ketuntasan belajar berkaitan dengan ketercapaian siswa pada penguasaan kompetensi pada setiap jenjang maupun mata pelajaran sebagai kontrol dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk melakukan hal tersebut, maka pihak sekolah membuat standar ketuntasan minimum.
§  Kenaikan Kelas dan kelulusan
Menurut saya kenaikan kelas merupakan suatu pencapaian siswa pada ketentuan standar tertentu yang bisa dikatakan siswa naik dan lulus sekolah

4.       Kalender Akademik
Menurut saya kalender akademik berkaitan dengan proses perencanaan sekolah dalam per tahun ajaran. Ini dilakukan akan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar