TUGAS KELOMPOK
“Analisis Beban Kerja Guru Sekolah Dasar
Negeri Pagarsih Kota Bandung”
Ditujukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata
Kuliah
“Manajemen Sumber Daya Manusia”
Dosen Pengampuh:
1.
Dr. Endang Herawan, M.Pd
2.
Dr. Taufani C. Kurniatun, M.Si
3.
Dr. Yayah Rahyasi, M.Pd
Disusun Oleh :
1.
Syukron 1202658
2.
Yunika Husniati 1200354
JURUSAN
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2014
A. Biodata Narasumber
a. Nama : Tati Haryati
b. Alamat : Komplek TNI Hiu
Macan Jl Sindangpalay 32
Kabupaten Bandung Selatan
c. Pekerjaan : Guru SDN
Pagarsih / Guru dan Walikelas 2
d. Golongan : IV A
Sudah sertifikasi guru
B. Pedoman Wawancara Beban Kerja Guru
Sekolah Dasar Negeri Pagarsih
NO
|
DAFTAR
PERTANYAAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Dalam menyusun RPP, apa saja kegiatan yang ibu
lakukan? Dan bagaimana penglokasian waktunya?
|
Dalam menyusun RPP, yang dibutuhkan adalah:
1. menyusun program tahunan,
2. menyusun program semesteran
3. penyusun rencanan program pembelajaran
Dalam menyusun program tahunan dilakukan sekali
dalam setahun yang membutuhkan waktu berkisar 2 jam.
Menyusun program semesteran dilakukan dua kali dalam
setahun yang membutuhkan waktu berkisar 4 jam.
Menyusuun perencanaan program pembelajaran dilakukan
dua kali dalam setahun yang membutuhkan waktu antara 4 jam.
|
2
|
Kegiatan apa saja yang ibu lakukan dalam kegiatan
belajar mengajar?
|
Dalam kegiatan belajar mengajar hal yang saya
perhatikan disini adalah
1. Mengecek kehadiran siswa
2. Membuat jurnal pembelajaran
3. Memebuat catatan khusus dalam proses
pembelajaran.
4. Melakukan kegiatan belajar mengajar
Dalam kegiatan mengecek kehadiran siswa dilakukan
dalam seminggu dengan waktu 30 menit.
Dalam membuat jurnal pembelajaran dilakukan dalam
seminggu dengan waktu 30 menit
Dalam membuat catatn khusus dalam proses
pembelajaran dilakukan dalam seminggu
dengan alokasi waktu yaitu 30 menit.
Sedangkan saat melakukan kegiatan belajar mengajar
dilakukan dalam seminggu dengan alokasi waktu yaitu 600 menit dalam 10 mata
pelajaran.
|
3
|
Bagaimana ibu melakukan evaluasi pembelajaran?
|
Dalam kegitatan evaluasi pembelajaran yang
diperhatikan adalah :
§ Menyusun
Program Pelaksanaan Evaluasi
§ Menyusun
Perangkat Evaluasi (Kisi-kisi, Naskah Soal, Pedoman Penilaian, Instrumen
Lain)
§ Melaksanakan
Evaluasi sesuai dengan Kompetensi yang dipersyaratkan
§ Membuat
daftar nilai tiap siswa dan kompetensi
Saat menyusun
Program Pelaksanaan Evaluasi waktu
yang dibutuhkan dalam seminggu sekali membtuhkan waktu 30 menit.
Saat menyusun
Perangkat Evaluasi (Kisi-kisi, Naskah Soal, Pedoman Penilaian, Instrumen
Lain) yang dilakukan dalam seminggu sebanyak
satu kali membutuhkan waktu 30 menit.
Saat melaksanakan Evaluasi sesuai dengan Kompetensi yang
dipersyaratkan yang dilakukan dalam seminggu sebanya
satu kali dan membutuhkan waktu 30 menit.
Saat membuat daftar nilai tiap siswa dan kompetensi dalam seminggu sebanyak satu kali dan membutuhkan
waktu 30 menit.
|
4
|
Saat ibu melakukan kegiatan analisa hasil evaluasi,
apa saja yang dilakukan?
|
Saat melakukan kegiatan menyusun perangkat analisa
evaluasi yag dilakukan saya adalah :
1. Menyusun perangkat analisa evaluasi
2. Melaksanakan analisa hasil evaluasi
antara validitas soal dan ketuntasan siswa belajar
Dalam menyusun perangkat analisa evaluasi waktu yang
dibutuhkan adalah 45 menit dalam seminggu dan dilakukan satu kali.
Saat melaksanakan analisa hasil evaluasi antara
validitas soal dan ketuntasan siswa belajar membutuhkan waktu 45 menit dalam
satu minggu yang dilakukan satu kali.
|
5
|
Saat menyusun dan
melaksanakan Program perbaikan atau Pengawasan, kegiatan apa saja yang
dilakukan?
|
Program kegiatan yang saya lakukan saat perbaikan
dan pengawasan, adalah :
1. Menyusun program perbaikan atau pengayaan
2. Melaksanakan perbaikan yang meliputi
remedial teaching atau remedia tes
3. Melaksanakan pengayaan bagi siswa yang
istimewah atau memiliki kemampuan tinggi
4. Membuat daftar nilai hasil perbaikan atau
remedial dan pengayaan
Dalam menyusun program perbaikan atau pengayaan yang
dilakukan satu kali dalam seminggu membutuhkan waktu 30 menit.
Dalam melaksanakan perbaikan yang meliputi remedial
teaching atau remedia tes dilakukan satu kali dalam seminggu membutuhkan
waktu 30 menit.
Melaksanakan pengayaan bagi siswa yang istimewah
atau memiliki kemampuan tinggi. Dilakukan satu kali dalam seminggu dan
membutuhkan waktu 30 menit.
Dalam membuat daftar nilai hasil perbaikan atau
remedial dan pengayaan yang dilakukan satu kali dalam seminggu dan
membutuhkan waktu 30 menit.
|
6
|
Berapa Pelajaran yang diemban
dalam per hari? Per minggu ?
|
Masuk sekolah hari senin-sabtu
Senin : b. Indonesia dan pkn
Selasa : matematika dan ips
Rabu : matematika dan b. sunda
Kamis : b.
Indonesia dan ipa
Jumat : matematika
Sabtu : b indonesia
|
7
|
Berapa alokasi waktu dalam per mata pelajaran?
|
Mata pelajaran ipa : 1 minggu 1x
Mata pelajaran ips : 1 minggu 1x
Mata pelajaran pkn : 1 minggu 1x
Mata pelajaran b. sunda : 1 minggu 1x
Mata pelajaran matematika : 1 minggu 3x
Mata pelajaran b. Indonesia : 1 minggu 3x
Catatan: 1 mata pelajaran : 60 menit (1 jam)
|
C. FORMULIR BEBAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR
Nama Jabatan : Guru Sekolah Dasar
Unit Kerja : SDN Pagarsih
Ikhtisar Jabatan :
“Menyusun Rencana Program Pembelajaran, Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar,
Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran, Melaksanakan Analisa hasil evaluasi,
Menyusun dan melaksanakan Program perbaikan atau Pengawasan”
No
|
Uraian Tugas
|
Satuan Hasil
|
Waktu Penyelesaian
(Menit) |
Waktu Kerja Efektif (Menit)
|
Beban Kerja
|
Pegawai yang Dibutuhkan
|
Keterangan
|
1
|
Menyusun RPP:
§
Menyusun Program Tahunan
§
Menyusun Program Semesteran
§
Menyusun Rencana Program Pembelajaran
|
Dokumen
|
6.000
|
79.200
|
1
|
0,08
|
Guru dalam menyususn RPP membutuhkan waktu waktu 10 jam per
tahun. Adapun 10 jam itu dibagi atas kegiatan penyusunan program tahunan,
semseteran maupun rencana program pembelajaran
|
2
|
Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar:
§ Mengecek
Kehadiran Siswa
§ Membuat
Jurnal Pembelajaran
§ Membuat
Catatan Khusus dalam Proses Pembelajaran
§ Melakukan
kegiatan belajar mengajar
|
Dokumen
|
690
|
1.650
|
1
|
0,42
|
Guru melakukan kegiatan belajar mengajar dilakukan seminggu
|
3
|
Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran:
§ Menyusun
Program Pelaksanaan Evaluasi
§ Menyusun
Perangkat Evaluasi (Kisi-kisi, Naskah Soal, Pedoman Penilaian, Instrumen
Lain)
§ Melaksanakan
Evaluasi sesuai dengan Kompetensi yang dipersyaratkan
§ Membuat
daftar nilai tiap siswa dan kompetensi
|
Dokumen dan Kegiatan
|
120
|
1.650
|
4
|
0,3
|
Kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan dalam seminggu.
|
4
|
Melaksanakan Analisa hasil evaluasi:
§ Menyusun
perangkat analisa evaluasi
§ Melaksanakan analisa
hasil evaluasi antara validitas soal dan ketuntasan siswa belajar
|
Kegiatan
|
90
|
1.650
|
2
|
0,11
|
Melaksanakan analisa hasil evaluasi, guru melakukannya dalam
seminggu.
|
5
|
Menyusun dan melaksanakan Program perbaikan atau Pengawasan:
§ Menyusun
program perbaikan atau pengayaan
§ Melaksanakan
perbaikan yang meliputi remedial teaching atau remedia tes
§ Melaksanakan
pengayaan bagi siswa yang istimewah atau memiliki kemampuan tinggi
§ Membuat
daftar nilai hasil perbaikan atau remedial dan pengayaan
|
Dokumen dan Kegiatan
|
120
|
1.650
|
4
|
0,3
|
Menyususn dan melaksanakan program perbaikan atau pengawasan
dilakukan dalam seminggu.
|
6
|
Tugas tambahan
§ Ikut membantu
diperpustakaan
|
Kegiatan
|
40
|
1.650
|
1
|
0,024
|
Dilakukan dalam seminggu
|
JUMLAH
|
1,234
|
D. Kesimpulan:
“Dari data yang
telah kami kumpulkan, bahwasannya beban kerja yang ditangguhkan kepada guru
terkait adalah 1,234. Dengan beban kerja sebesar itu, maka kami menyimpulkan
bahwa tidak perlu adanya penambahan guru lagi”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar