BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Sumber daya manusia yang berkualitas
merupakan hal penting bagi satu Negara untuk menjadi Negara maju, kuat, makmur,
dan sejahtera. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia tidak bisa
terpisah dengan masalah pendidikan bangsa. Menurut Mulyasa (2006:3) “setidaknya
terdapat tiga syarat utama yang harus di perhatikan dalam pembangunan
pendidikan agar berkontribusi terjadap pengimgkatan kualitas sumber daya
manusia (SDM) yakni : (1) sarana gedung, (2) buku yang berkualitas, (3) guru
dan tenaga kependidikan yang professional..
Sarana dan prasarana di ibaratkan
sebagai motor penggerak yang dapat berjalan dengan kecepatan sesuai dengan
keinginan oleh penggeraknya. Begitu pula dengan pendidikan, sarana dan
prasarana sangat penting karena di butuhkan. Sarana dan prasarana pendidikan
dapat berguna untuk menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar. Sarana dan prasarana pendidikan
adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu
peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang cukup canggih.
Guru sangat berperan dalam membantu
perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal.
Oleh karena itu pemahaman akan sarana dan prasarana akan membantu memperluas
wawasan guru tentang
bagaimana ia dapat berperan dalam merencanakan, menggunakan, dan mengevaluasi
sarana dan prasarana yang ada sehingga sarana dan prasarana tersebut dapat di
manfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan.
Manajemen
di tambah administrasi sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam menunjang
tujuan pendidikan yang sekaligus menunjang pembangunan nasional, oleh karena
itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman konseptual yang jelas agar dalam
implementasinya tidak salah arah.
B.
RUMUSAN
MASALAH
1.
Bagaimana keadaan sarana dan prasarana yang
terdapat di SDN
Dr. Cipto?
2.
Bagaimana perencanaan kebutuhan,
pengadaaan, dan
pengembangan sarana dan prasarana pendidikan di SDN Dr. Cipto?
3.
Bagaimana penataan sarana dan prasarana
di SDN Dr. Cipto?
C.
TUJUAN
PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini antara lain:.
1.
Untuk mengetahui keadaan sarana
dan prasarana
yang terdapat di SDN Dr.
Cipto
2.
Untuk mengetahui bagaimana
perencanaan kebutuhan, pengadaan,
dan pengembangan sarana
dan prasarana pendidikan di SDN Dr.
Cipto
3.
Untuk menegetahui bagaimana penataan
sarana dan prasarana di SDN Dr. Cipto
4.
Untuk menambah wawasan kita
tentang ilmu manajemen sarana dan prasarana
D.
BATASAN
MASALAH
Masalah yang dikaji
dalam makalah ini hanya terbatas pada sarana dan prasarana di tingkat sekolah
dasar yaitu di SDN Dr. Cipto
BAB
II
LANDASAN
TEORI
Menurut
Mulyasa, sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secaara
langsug dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar
mengjar, seperti papan tulis, spidol, penghapus, alat tulis, buku dan media
pengajaaran. Sedanglan prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak
langsung menunjang jalannya suatu proses pendidikan atau pengajaran di suatu
lembaga pendidikan, seperti gedung, ruang kelas, halaman, kebun sekolah, jalan
menuju sekolah, dan sebagainya. Manajemen sarana dan prasarana adalah suatu
kegiatan untuk mengatur dan mengelola sarana dan prasarana pendidikan secara
efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab I pasal 1
ayat (8) mengemukakan standar sarana dan prasarana adalah standar nasional
pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat
berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja,
tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain,
yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi.
Pada
Bab VII pasal 42 dengan tegas disebutkan bahwa; (1) Setiap satuan pendidikan
wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media
pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta
perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang
teratur dan berkelanjutan. (2) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki
prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan,
ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang
bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa,
tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan
ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang
teratur dan berkelanjutan.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 tahun 2007 tentang Standar
Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang
berisi tentang standar satuan pendidikan, standar lahan, standar bangunan
gedung, dan standar ketentuan prasarana dan sarana.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 129a tahun 2004
tentang Standar Pelayanan Bidang Pendidikan Bab III pasal 3 yang berisi tentang
Standar Pelayanan
Minimal (SPM) Pendidikan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI).
BAB III
PEMBAHASAN
DAN HASIL OBSERVASI
A. Identitas Sekolah
1. Nama Sekolah :
SDN Dr. Cipto
2. NSS :
101026003018
3. NSB :
104451480312005
4. Alamat :
Jl. Dr. Cipto No.4 Bandung
Kelurahan Pasirkaliki,
Kec. Cicendo Kota Bandung Jawa Barat
5. Status Sekolah :
Sekolah Dasar Negeri
6. Tipe Sekolah :
A
7. Riwayat Pembangunan :
Dibangun 1948 dan mengalami perbaikan pada tahun 2010
B. Visi Sekolah
“Terwujudnya
penyelenggaraan pendidikan yang bermutu tinggi dan bernuansa Imtaq dan Iptek
sebagai upaya mengembangkan kualitas manusia yang berakhlaqul kharimah,
kreatif, inovatif, produktif dan kompetitif dengan ditunjang oleh keunggulan
prestasi akademis maupun non-akademis, sehingga terunggul 10 besar dikota
Bandung pada tahun 2014”.
C. Misi
§ Meningkatkan kualitas kerja penyelenggaraan
pendidikan dalam rangka peningkatan mutu lulusan yang handal
§ Mengupayakan pelayanan pendidikan yang bermutu
tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat yang dilandasi oleh Imtaq dan Iptek yang
berwawasan Global.
D. Program
Pemberdayaan
sumber daya manusia yang memiliki kepribadian baik.
E. Kurikulum
Kurikulum
yang digunakan SDN Dr. Cipto adalah Kurikulum KTSP untuk kelas 2 hingga 6,
sedangkan kelas 1 menggunakan kurikulum 2013.
F. Kesesuaian Kurikulum Dengan Sarana & Prasarana
Masih
belum sesuai
G. Kelengkapan Prasarana
1. Perabot
No
|
Jenis Perabot
|
Tipe/Ukuran
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Keterangan
|
1
|
Bangku siswa
|
|
530
|
Baik
|
-
|
2
|
Meja siswa
|
|
265
|
Baik
|
-
|
3
|
Kursi siswa
|
|
126
|
Baik
|
-
|
4
|
Lemari
|
|
13
|
Baik
|
-
|
5
|
Meja guru
|
|
10
|
Baik
|
-
|
6
|
Papan tulis
|
|
13
|
Baik
|
-
|
2.
Peralatan Pendidikan
No
|
Jenis
Peralatan
|
Tipe/Ukuran
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Keterangan
|
1
|
Alat peraga
IPA
|
|
3
|
Baik
|
-
|
2
|
Alat peraga
IPS
|
|
10
|
Baik
|
-
|
3
|
Alat peraga
Matematika
|
|
2
|
Baik
|
-
|
4
|
Alat peraga Olahraga
|
|
15
|
Baik
|
-
|
5
|
Alat kesenian
|
|
3
|
Baik
|
-
|
3.
Media Pendidikan
No
|
Jenis Media
|
Tipe/Ukuran
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Keterangan
|
1
|
Komputer
|
ACER
|
20
|
Baik
|
-
|
2
|
Laptop
|
|
5
|
Baik
|
-
|
3
|
LCD
|
|
4
|
Baik
|
-
|
4.
Buku
No
|
Jenis Buku
|
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
5.
Sumber Belajar
No
|
Sumber
Belajar
|
Tipe/Ukuran
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
6.
Bahan habis Pakai
No
|
Bahan Habis
Pakai
|
Tipe/Ukuran
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Keterangan
|
1
|
Kapur tulis
|
|
|
|
|
2
|
Penghapus
|
|
|
|
|
3
|
Spidol
|
|
|
|
|
4
|
Tinta
|
|
|
|
|
5
|
Kertas HVS
|
|
|
|
|
7.
Perlengkapan Lain
No
|
Jenis
|
Tipe/Ukuran
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Keterangan
|
1
|
Mading
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
G.
Kelengkapan Sarana :
No
|
Jenis Prasarana
|
Ukuran/Luas
|
Kuantitas
|
Kualitas
|
Kondisi
|
1
|
Ruang Kelas
|
8 x 8 m
|
|
|
Baik
|
2
|
Ruang
Pimpinan/KS
|
4 x 8 m
|
|
|
Baik
|
3
|
Ruang
Guru/WI/Dosen
|
4 x 8 m
|
|
|
Baik
|
4
|
Ruang TU
|
3 x 8 m
|
|
|
Cukup
|
5
|
R/Gd.
Perpustakaan
|
3 x 10 m
|
|
|
Kurang
|
6
|
R./Gd.
Laboratorium
|
8 x 8 m
|
|
|
Baik
|
7
|
R.Bengkel
Kerja
|
-
|
|
|
-
|
8
|
R. Unit
Produksi
|
-
|
|
|
-
|
9
|
R. Kantin
|
2 x 4 m
|
|
|
Kurang
|
10
|
Tempat Olah
Raga
|
4 x 20 m
|
|
|
Kurang
|
11
|
Tempat
Beribadah
|
2 x 6 m
|
|
|
Kurang
|
12
|
Tempat
Bermain
|
-
|
|
|
-
|
13
|
Tempat
Berkreasi
|
-
|
|
|
-
|
14
|
Kamar Mandi
|
5 buah
|
|
|
|
15
|
Toilet
|
|
|
|
Baik
|
|
|
|
|
|
|
H. Jumlah Lapis Bangunan
Lapis
bangunannya adalah bertingkat dua.
I.
Model
Desain
Model
desain atau konstruksi pada sekolah SDN Dr. Cipto adalah Modern/Kontemporer.
J. Lahan Sekolah
a. Luas Lahan :
1080 m2
b. Pemanfaatan Lahan :
Ruang Kelas + Halaman Sekolah
c. Kondisi Sekolah :
Baik
K. Status Lahan Milik
Lahan
yang dipakai adalah milik pemerintah.
L. Jumlah Peserta Didik
No
|
Peringkat
Kelas
|
Jumlah Peserta Didik
|
Total
|
Jumlah Rombel
|
||
Laki-laki
|
Perempuan
|
Pagi
|
Siang
|
|||
1
|
Kelas 1
|
40
|
40
|
80
|
V
|
V
|
2
|
Kelas 2
|
41
|
42
|
83
|
V
|
V
|
3
|
Kelas 3
|
40
|
40
|
80
|
V
|
|
4
|
Kelas 4
|
60
|
62
|
122
|
V
|
|
5
|
Kelas 5
|
40
|
40
|
80
|
V
|
|
6
|
Kelas 6
|
39
|
38
|
77
|
V
|
|
Apakah Sarana dan Prasarana sesuai dengan SPM/BSNP: Tidak
Karena, banyak sarana dan prasarana dengan kebutuhan
peserta didik yang tidak seimbang yang masih belum
Bagaimana rasio sarana dengan peserta didik : “Tidak memenuhi standar”.
M. Jumlah Guru
§ Laki-laki :
5 Guru
§ Perempuan :
20 Guru
N. Program Pengadaan
·
Pengadaan
tanah dengan hak pakai;
·
Bangunan
yang dipakai merupakan membangun bangunan baru;
·
Pengadaan
Alat kantor dan alat pendidikan dilakukan dengan membeli (bahan habis pakai,
perlengkapan pendidikan) dan menerima bantuan dari pemerintah (pengadaan buku,
alat peraga pendidikan dll).
O. Program Perbaikan & Perawatan
·
Kegiatan
Perbaikan sarana dan prasarana dilakukan manakala ada yang rusak;
·
Kegiatan
perawatan atau pemeliharaan dilakukan secara preventif agar sarana dan
prasarana yang ada tetap dalam keadaan baik;
·
Kegiatan
perawatan alat kesenian dilakukan oleh guru kesenian;
·
Panduan
dalam melaksanakan perawatan menurut Depdikbud dalam kegiatan Perawatan dimulai
dengan pembuatan tim pelaksana, membuat daftar sarana dan prasarana, menyiapkan
jadwal perawatan, menyiapkan lembar evaluasi untuk menilai hasil kerja
perawatan pada masing-masing bagian. Namun yang kegiatan perawatan yang ada di
sekolah ini belum maksimal karena banyak sarana dan prasarana yang tidak
terawat dengan baik, sehingga banyak yang rusak. Dan kegiatan ini hanya
dilakukan oleh petugas yang bukan ahli dalam perawatan aset.
P. Program Penghapusan
Penghapusan barang inventaris adalah pelepasan suatu
barang dari kepemilikan dan tanggung jawab pengurusnya oleh pemerintah.
Kegiatan ini dilakukan karena barang yang ada disekolah sudah mengalami rusak
berat misalnya meja yang tidak bisa diperbaiki karena sudah mengalami
pelapukan,karena perbaikan barang yang menelan biaya besar sehingga perlu
dihapus dari daftra sarana dan prasarana sekolah misalnya komputer seri lama
yang rusak sehingga perlu dihapus lalu melakukan kegiatan penggadaan komputer
seri terbaru dengan harga yang lebih murah.
LANDASAN
TEORI
A. SATUAN PENDIDIKAN
1. SDN Dr. Cipto melayani 12 rombel.
2. Dengan jumlah penduduk lebih dari 2000 penduduk, sekolah
ini belum melakukan penambahan sarana dan prasarana yang ada
B. LAHAN
1. Luas minimum laham untuk SD dengan dua lantai dan
memiliki 12 rombel hanya sebesar 1080m2
sedangkan menurut Permendiknas no 24 tahun 2007 adalah sebesar 1220m2.
Ruang gerak siswa sangat sempit, tidak ada halaman yang luas;
2. Lahan sekolah sangat berbahaya bagi keselamatan
siswa karena dekat dengan jalan raya dengan banyaknya kendaraan dengan tingkat
polusi yang tinggi;
3. Lahan sekolah
tergangu oleh kebisingan kendaraan yang lalu lalang didepan sekolah;
4. Lahan merupakan milik pemerintah.
C. BANGUNAN
1. Bangunan tidak memenuhi tata bangunan, karena
terlalu dekat dengan jalan raya;
2. Bangunan cukup memenuhi persyaratan keselamatan
yaitu konstruksi yang kuat dan dilengkapi proteksi anti bahaya kebakaran (belum
optimal) dan petir.
3. Bangunan belum menyediakan fasilitas yang mudah,
aman dan nyaman bagi penyandang cacat. Hal tersebut dapat dilihat dari tangga
sekolah yang sangat curam dan membahayakan bagi warga sekolah.
4. Bangunan bertingkat harus memenuhi persyaratan
sebagai berikut:
§ Bangunan bertingkat terdiri dari dua lantai, sekolah
ini masih memenuhi kriteria ini.
§ Tangga belum mempertimbangkan kemudahan, keamanan,
keselamatan dan kesehatan pengguna.
5. Bangunan belum memiliki sistem keamanan misalnya
pintu darurat, jalur evakuasi.
6. Sekolah memiliki daya listrik lebih dari 900 watt.
7. Pembangunan gedung dirancang, dilaksanakan dan
diawasi belum profesional karena letak dan bentuk gedung yang masih kurang
baik.
8. Bangunan dapat bertahan lebih dari 20 tahun (62
tahun).
9. Bangunan dilengkapi dengan izin mendirikan bangunan
dan izin penggunaan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.
PEMBAHASAN
Ketentuan SD
sekurang-kurannya memiliki presarana sebagai berikut:
1. Ruang kelas
§ Jumlah ruang kelas tidak seimbang dengan jumlah
peserta didik sehingga ada sebagian kelas yang bersekolah siang ataupun pagi.
§ Kapasitas ruang kelas lebih dari 28 siswa (>40);
§ Pencahayaan dikelas tidak maksimal, karena sempitnya
bangunan sekolah;
§ Pintu kelas dapat dikunci;
§ Ruang kelas tidak memiliki tempat sampah, cuci.
2. Ruang perpustakaan
§ Kondisi ruang perpustakaan sedang diperbaiki,
sehingga kami tidak mendapatkan informasi secara detail.
3. Laboratorium IPA
§ Lab IPA memanfaatkan ruang kelas.
§ Sarana lab IPA masih minim;
4. Ruang pimpinan
§ Luas ruang pimpinan cukup luas;
§ Dapat diakses oleh warga sekolah dengan mudah
5. Ruang guru
§ Ruang guru digunakan untuk kerja dan istirahat guru;
§ Letak ruang guru dengan ruang pimpinan dalam satu
ruang;
6. Ruang ibadah
§ Digunakan untuk beribadah kepada Tuhan.
7. Ruang UKS
§ Berfungsi sebagia tempat untuk penanganan dini
peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah;
§ Ruang UKS tidak digunakan sebagai ruang konseling;
§ Alat kesehatan yang ada disekolah masih sangat
terbatas, hanya sebatas pada obat-obatan saja.
8. WC
§ Berfungsi sebagai tempat pembuangan air kecil maupun
air besar;
§ Menurut Permendiknas no 24 tahun 2007 bahwa min 1 wc
untuk 60 siswa dan min 1 wc untuk 50 siswi. Jadi bila jumlah siswa = 240
membutuhkan 4 wc dan jumlah siswi = 282 membutuhkan 6 WC. Total 10 WC, Namun
sekolah hanya menyediakan 5WC.
§ Masing-masing wc belum memiliki tempat sampah
tersendiri.
9. Gudang
§ Sebagai tempat penyimpanan peralatan pembelajaran
diluar kelas, peralatan sekolah yang tidak berfungsi, penyimpanan arsip sekolah
yang telah berusia lebih dari 5 tahun;
§ Gudang dapat dikunci;
§ Terdapat lemari dan rak.
10. Sirkulasi
§ Sirkulasi cahaya sangat minim;
§ Butuh penerangan pada kelas-kelas tertentu;
11. Tempat bermain atau olahraga
§ Tempat bermain atau olahraga berfungsi sebagai
temapat bermain, berolahraga, upacara maupun kegiatan ekstrakulikuler;
§ Tempat ini sangat sempit sehingga tidak bisa
menampung seluruh peserta didik baik dalam kegiatan olahraga, upacara maupun
yang lainnya;
§ Tempat ini cukup mengganggu aktivitas pembelajaran,
karena letaknya sangat berdekatan dengan ruang kelas;
§ Kurangnya peralatan olahraga
BAB IV
PENUTUP
A. SIMPULAN
Kegiatan
manajemen sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang merencanakan kebutuhan
fasilitas disekolah. Hal ini dilakukan untuk menunjang kegiatan belajar
mengajar disekolah. Kegiatan manajemen sarana dan prasarana di SDN Dr. Cipto
masih belum maksimal, karena masih belum ada sumber daya manusia yang mumpuni,
sehingga pelakasnaanya kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dengan kondisi
sarana dan prasarana yang ada. Tidak terpelihara dengan baik.
B. SARAN
Sebaiknya kegiatan manajemen sarana dan prasarana
dilakukan oleh tenaga yang ahli dalam proses manajemen. Sehingga kegiatan
pengadaaan, inventarisasi, pemeliharaan, perawatan dan penghapusan dapat
dilakukan dengan maksimal.
LAMPIRAN
(Ruang
Kelas)
(Ruang Kesenian) (Kantin Sekolah)
(Ruang Tik) (Ruang Koperasi) (Lapangan)
(Tempat Whudu) (Tempat WC)
(Ruang Guru & Kepala Sekolah) (Ruang
TU)
DAFTAR
PUSTAKA
Shorif, Muhammad. (2013). Manajemen
Sarana dan Prasarana. [Online]. Tersedia: http://gadogadozaman.blogspot.com/2013/06/manajemen-sarana-dan-prasarana.html. [akses 9 November 2013].
Permendikas Nomer 24 Tahun 2007.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar